Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup sangat diperlukan ketika seseorang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi tertentu, di dalam lembaran tersebut akan berisi tentang informasi yang diperlukan oleh perusahaan mengenai calon karyawan atau pelamar kerja secara lebih ringkas, lembaran CV biasanya digunakan untuk mendukung keberadaan dari surat lamaran kerja.

Anda bisa menulis CV riwayat hidup dengan menggunakan tulisan tangan atau bisa juga dengan menggunakan komputer, yang paling penting adalah bahwa tulisan tersebut harus dibuat dengan benar-benar rapi dan sesuai fakta yang ada, meskipun memang di dalam lembaran riwayat hidup akan sangat mempengaruhi seseorang bisa diterima kerja atau tidak di suatu instansi, bukan berarti pelamar kerja bisa menulis segala sesuatunya dengan hal-hal yang terbaik namun tidak diikuti dengan kenyataan, sebab hal tersebut nantinya akan mempengaruhi pekerjaan anda selanjutnya.

Kejujuran seseorang akan diuji saat menuliskan isi riwayat hidup terutama pada point kemampuan yang dimiliki, sebab pada point ini akan dituliskan mengenai kemampuan-kemampuan khusus atau skill tambahan seseorang. Misalnya saja kemampuan dalam hal pembuatan neraca keuangan, kemampuan mengoperasikan program-program tertentu yang berkaitan dengan pekerjaan dan lain sebagainya.

Anda bebas menuliskan apapun pada point ini, namun tentu saja perusahaan tidak akan percaya begitu saja, oleh sebab itu akan lebih baik jika anda bisa melampirkan juga bukti-bukti otentik tentang keahlian tambahan anda tersebut, misalnya saja berupa sertifikat.

Salah satu sarat yang sering diajukan oleh sebuah perusahaan yang ingin menerima karyawan baru adalah pengalaman kerja, dan hal ini mungkin akan sedikit sulit dipenuhi oleh fresh graduate, namun sebenarnya ada juga beberapa perusahaan yang mengesampingkan hal tersebut dan justru mencari mereka-mereka yang baru lulus sekolah atau kuliah meskipun tanpa pengalaman kerja.

Bagi anda seseorang yang sebelumnya menempuh sekolah kejuruan bisa juga melampirkan informasi mengenai tempat dimana anda melakukan praktek kerja lapangan beserta bukti-bukti penilaian dari tempat anda melaksanakan kegiatan tersebut, sebab hal ini akan cukup berpengaruh pada tingkat kepercayaan perusahaan pada kemampuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *