Bagaimana Cara Memandikan Dan Merawat Bayi Baru Lahir?

Bagaimana Cara Memandikan Dan Merawat Bayi Baru Lahir?

Salah satu cara merawat bayi baru lahir yang tak jarang membuat orang tua bingung adalah ketika memandikan bayi. Tubuh bayi yang masih sangat rentan dan lemah, tentu harus mendapatkan perlakuan khusus dan bunda harus sangat berhati-hati agar tidak melukai bayi. Hal itulah yang kerapkali membuat orang tua merasa khawatir ketika akan memandikan bayi. Tidak sedikit bunda yang merasa takut untuk memandikan bayi akhirnya meminta bantuan suster atau orang yang lebih handal saat akan memandikan sang buah hati. Lalu, bagaimana dengan bunda yang ingin mencoba sendiri memandikan sang buah hati?

Kali ini kita akan membahas tips mengenai cara merawat bayi baru lahir saat memandikannya. Bunda bisa mengikuti arahan di bawah ini, tetapi untuk percobaan pertama sebaiknya minta pengawasan dari orang-orang yang lebih ahli ya. Sebelum membahas mengenai cara-caranya, pertama siapkan dulu peralatan seperti berikut ini:

  • Bak mandi plastik berukuran besar. Biasanya ada bak ember mandi khusus untuk bayi yang bisa ditemui di toko-toko perlengkapan bayi.
  • Handuk bayi. Gunakan handuk khusus bayi yang halus. Jangan gunakan handuk untuk orang dewasa ya, karena teksturnya yang agak kasar bisa melukai kulit bayi yang masih sangat sensitif.
  • Baju ganti bayi dan popok bayi.
  • Sabun dan shampoo khusus bayi. Pastikan bahwa produk yang dipilih sudah teruji klinis aman untuk kulit bayi.

Setelah peralatan untuk memandikan cara merawat bayi baru lahir siap selanjutnya langsung ke tahap memandikan bayi:

  • Isi ember mandi bayi dengan air hangat. Pastikan bahwa temperatur air pas, tidak terlalu panas maupun dingin. Cara mengeceknya bisa secara manual atau menggunakan termometer dengan suhu kurang lebih 38 derajat celcius.
  • Lepaskan baju dan popok bayi lalu masukan bayi ke ember dengan posisi pergelangan tangan menyangga kepala bayi hingga ke punggungnya. Sambil memegang bayi di ember tadi, usap wajah bayi dengan menggunakan waslap air hangat sambil mengusapkan sedikit sabun mandi.
  • Jika sudah, bilas badan bayi dengan waslap air hangat secara perlahan.
  • Angkat bayi dengan posisi sama seperti ketika memasukannya ke bak mandi bayi, segera bungkus dengan handuk khusus bayi, keringkan perlahan lalu langsung pasangan popok dan baju ganti bayi.

Nah, itulah cara-cara memandikan bayi baru lahir. Selain memandikan, ada banyak tips lain seputar cara merawat bayi baru lahir. Salah satunya adalah dalam memberikan susu untuk bayi. Ada beberapa bunda yang bermasalah dengan ASI, sehingga solusinya bayi harus meminum susu formula. Adakah susu formula yang tepat? Wyeth Nutrition bisa menjadi pilihan karena ada produk S26 Wyeth Nutrition yang aman karena khusus diformulasikan untuk bayi baru lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *