Tugas Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Dalam menjalankan fungsi pemerintahan, Presiden dibantu oleh menteri keuangan untuk melakukan pekerjaannya di bidang keuangan negara. Hal sebagaimana dibahas dalam sebuah artikel pengertian keuangan negara dalam sebuah kajian ilmiah.

Kementerian Keuangan mempunyai motto Nagara Dana Rak├ža yang berarti Penjaga Keuangan Negara terletak di Jalan Dr. Wahidin Nomor 1 dan Jalan Lapangan Banteng Timur Nomor 2-4, Jakarta Pusat. Keduanya merupakan kompleks yang terdiri dari beberapa gedung yang letaknya saling berseberangan. Kebanyakan instansi setingkat eselon I di bawah Kementerian Keuangan bertempat di lokasi ini.

tugas kementerian keuangan

Tugas kementerian keuangan adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Ini adalah tugas utama sebagaimana tertulis di situs resmi kemenkeu.go.id yang kami akses.

 

Terdapat menteri-menteri yang membantu pekerjaan presiden dalam mengurusi berbagai aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah menteri keuangan, dimana tugas menteri keuangan itu sendiri adalah menyelenggarakan urusan di bidang keuangan dan kekayaan Negara dalam pemerintahan yaitu menyusun APBN, menyusun kebijakan fiskal serta menjaga stabilitas keuangan negara. Menteri keuangan ibarat bendahara suatu Negara yang mengelola semua urusan keuangan di Negara tersebut.

Menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 39 tahun 2008 tentang Kementerian Negara juncto Peraturan Presiden Nomor 47 tahun 2009 tentang pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara, serta merujuk pada surat edaran Sekretaris Jenderal Departemen Keuangan Nomor SE-11 MK.1/2010 tentang perubahan Nomenklatur Departemen Keuangan menjadi Kementerian keuangan, maka sejak 2009 Departemen Keuangan resmi berubah nama menjadi Kementerian Keuangan

Dasar hukum:
Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2015 Tentang Kementerian Keuangan.
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 234/PMK.01/2015 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Kementerian Keuangan. (PMK singakatan dari Peraturan Menteri Keuangan).

Menteri keuangan dalam menjaga stabilitas keuangan Negara bekerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan lainnya yang berpengaruh dalam stabilitas sistem keuangan melalui Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK). Lembaga tersebut adalah kemenkeu, OJK, BI, PPATK, dan pihak-pihak terkait.

Demikianlah sekelumit pembahasan kami berkaitan dengan keuangan negara, semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin menambah pengetahuan tentang ekonomi pemerintahan ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *